fbpx

Era Renaissance Sebagai Babak Kelahiran Kembali Tujuan Kehidupan Manusia

Share

Lili Rasjidi mengupas makna kata renaissance berasal dari perpaduan kata Re- yang artinya kembali dengan nasci berarti kelahiran, singkatnya renaissance adalah kelahiran kembali. Manusia yang semula terikat pada satu tujuan yang bermuara pada ajaran agama menemukan suatu kepribadian yang lebih rasional tentang hakikat manusia dalam berbagai aspek kehidupan.

Hugo De Groot (Grotius) yang dikenal sebagai bapak hukum internasional, mencetuskan banyak pemikiran yang mencirikan kelahiran era Renaissance dengan melintasi batas supremasi Paus dan Sakramen dalam praktik keagamaan Katholik yang dominan saat itu.

Ia terkonfirmasi pada 1623 dalam pengasingan di Belanda melahirkan pemikiran intim tentang ke-Tuhanan yang dinarasikan secara mendalam dengan etsi Deus non daretur (Sekalipun Tuhan tidak pernah Menampakan DiriNYA).

Titik berangkat pemikiran filsafati Grotius tentang hakikat manusia dalam kehidupan menjadi inspirasi bagi upaya perdamaian. Melalui bukunya Grotius melahirkan gagasan tentang hak ditengah masyarakat yang sedang aktif mengadakan peperangan, memperebutkan kekuasaan, dan menentang perbedaan keyakinan tentang Ke-Tuhanan.

Etsi Deus non daretur, menciptakan adanya tanggungjawab sekalipun Tuhan tidak pernah menampakan diriNYA. Jika semula tujuan manusia pada Abad Ke-15 adalah soal dunia dan akhirat dengan pemikiran Grotius yang dikenal beraliran protestanism berkembang teori yang mengecam kebebasan individu manusia dalam menemukan dirinya sebagai insan yang memiliki anugerah untuk menyelesaikan segala persoalan yang dihadapkan oleh kehidupan itu sendiri.

Jika semula pemikiran manusia dibatasi hanyalah berkairan dengan tatanan Ilahiah (Theo Morphisme) sejak era renaissance berkembang pemikiran yang memfokuskan diri bagaimana tatanan antropomorphisme yang berpusat pada apa itu manusia.

John Ganesha Siahaan

Kelahiran Belinyu tertarik pada isue demokrasi, pembaharuan hukum dan pengawasan kebijakan publik. Aktif sebagai pekerja bantuan hukum dan Penggiat Ekonomi Kreatif pada Pengembangan Industti 4.O

You may also like...