fbpx

Hati-Hati Dengan Cacing Hati

Share

Minggu 11 Agustus 2019 – Petugas Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian melakukan pengecekan daging hewan kurban ke sejumlah tempat penyembelihan hewan korban di setiap daerah di Bangka tengah.

Salah satunya di Desa Cambai kecamatan Namang kabupaten Bangka tengah,hasilnya Petugas menemukan di bagian hati hewan kurban mengandung cacing yang tidak layak untuk dikonsumsi yang hendak di bagikan kepada masyarakat yang mendapatkan bagian daging kurban

“Daging tersebut disita untuk dimusnahkan,” ujar Ustad Adi al Farid  salah seorang Panitia Penyembelihan Hewan Kurban di desa cambai yang menyembelih menyembelih 6 ekor sapi dan 7 kambing.

Seperti biasa di Hari Raya Idul Adha, daging hewan kurban akan dibagikan kepada  setiap wargadi  desa cambai yang layak mendapatkannya.

Panitia berharap penerima daging kurban bisa memanfaatkan dengan baik untuk dimasak, dinikmati bersama keluarga. Bagaimana teorinya Sapi bisa terinfeksi cacing hati?

Sapi dan Cacing Hati

Caing hati dibagi menjadi 2 jenis  cacing hati khasasia dan cacing hati khas eropa . Cacing hati masuk ke sapi melalui makanan seperti dedaunan.

Biasanya para peternak memberi makan sapi dipagi hari saat embun masih menempel didedaunan yang sebelumnya pernah di hampiri keong yang membawa bakteri-bakteri jahat. Selain itu cacing hati jenis serkaria dapat hidup dilokasi yang berair.

Begitu penjelasan salah seorang petugas peternakan Bangka tengah. Sedangkan ciri -ciri sapi yang telah terjangkit cacing hati dikatakannya adalah:

  • Matanya terlihat cekung
  • Kondisi kesehatan menurun
  • Diare
  • Telinganya turun terkulai
  • Selera makan menurun

Meski cacing yang ada di hati hewan kurban bisa mati hanya dengan direbus air mendidih, akan tetapi petugas tidak merekomendasikan untuk dikonsumsi oleh warga.

Sementara Ustad adi mengatakan kepada team langitbabel bahwa daging atau hati yang terinfeksi cacing hati akan dimusnahkan. Menurutnya kemunculan cacing hati pada hewan kurban tersebut disebabkan karena pola pemeliharaan hewan yang kurang baik sebelum disembelih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.