fbpx

HMI Komisariat PERTIBA Cabang Bangka Belitung Kecam Sodomi Anak

Share

Langitbabel – Pangkalpinang🇲🇨Pasca terjadi kasus sodomi bocah berinisial sebut saja si (W) yang masih berumuran sepuluh tahun di hutan kawasan Sungailiat pada bulan September 2019 lalu.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum HMI Komisariat Pertiba Cabang Bangka Belitung, Khoirussoleh berkunjung kepihak korban dan bertemu secara langsung terhadap korban dirumahnya, Selasa, (19/11/2019).

Dalam kunjungan ini Ketua Umum HMI Komisariat PERTIBA mendapatkan sebuah penjelasan dari keluarga korban terkait apa yang dialami oleh korban setelah kejadian.

“Setelah kejadian tersebut, korban mengalami trauma fisik dan psikologis, hingga perilaku koban tidak seperti bisa, dari segi pola makan yang tidak teratur, tidur larut malam, sering murung, takut melihat sosok laki-laki, dan sering mendapatkan bullyan dari teman-teman sekolahnya, hingga korban meminta untuk pindah sekolah,”ungkap keluarga korban.

Pelaku sodomi ini melanggar Undang-Undang Pasal 82 junto Pasal 76E Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak dan Pasal 292 KUHP, ancaman hukuman minimal lima tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara. 

“HMI mengecam si pelaku yang berinisial AN (25 tahun) harus di hukum seberat-beratnya, karena tindakan si pelaku sudah tidak sewajarnya lagi dalam kehidupan bermasyarakat.” ujar Khoirussoleh, Ketua Umum HMI Komisariat PERTIBA.

Dilihat dari kondisi korban yang  sekarang sudah proses assesment dari psikolog anak-anak, agar si korban bisa pulih dari traumatis tersebut.

“Besar harapan dengan kejadian ini dan melihat kondisi keluarga si korban maka HMI berharap ada sebuah tindakan baik pemerintah maupun stakeholder terkait untuk bisa memberikan bimbingan yang intensif kepada masyarakat yang berada di pesisir, hal ini menurut saya perlu adanya pendampingan sosialisasi kepada masyarakat yang juga berada di pesisir, baik dari sosialisasi pendidikan, pola asuh anak maupun saik edukasi,”harap Khoirrusoleh.

You may also like...