fbpx

KAHMI INSTITUTE BABEL GELAR SEKOLAH ANALISIS KEBIJAKAN ANGGARAN LANJUTAN

Share

Sungailiat,Lababel. Kahmi Institute Babel kembali menggelar lanjutan Sekolah Analisis Kebijakan Anggaran edisi ketujuh pada Sabtu, 25 Januari 2020 pukul 19.30 – 21.30 WIB di Aula STIC Babel Sungailiat Bangka.

Kegiatan ini merupakan rangkaian program yang diselenggarakan rutin setiap bulan oleh Kahmi Institute Babel dalam rangka penguatan kompetensi alumni, kader, dan mahasiswa, supaya minat literasi anggaran, peningkatan partisipasi dalam proses penentuan kebijakan anggaran dan monitoringnya, dan kapasitas politik anggaran dari publik, benar-benar bisa direalisasikan secara baik. Sebab, kesadaran literasi, partisipasi, dan monitoring kebijakan anggaran dari publik di Babel ini masih sangat rendah. Karenanya, perlu diinisiasi berupa sekolah atau kursus intensif tentang anggaran, ujar Satera Sudaryoso, selaku Direktur Kahmi Institute Babel.

Hadir belasan peserta dari kalangan beragam, yakni mahasiswa, aktivis, dan civil society semakin menambah hangat kelas sekolah anggaran yang diselenggarakan. Tak tanggung-tanggung, tutor atau mentor yang didampu mengampu kelas analisis anggaran ini berasal dari mantan auditor lepas Badan Pemeriksa Keuangan Pusat, Bapak Mokhammad Ikhsan.

Mengusung tema khusus “Praktik Analisis Dokumen RPJMD, APBD, dan RENSTRA Dinas Pertanian Babel 2017-2022”, belasan peserta dipandu oleh sang planing dan budgeting specialist untuk menguliti kelemahan-kelemahan perencanaan dan penganggaran yang tertuang dalam dokumen tersebut. Dari dokumen yang ada, terlihat bagaimana niat dan serius-tidaknya Pemerintah Daerah dalam merealisasikan beragam kebijakan yang dibuat. Bahkan, niat buruk dan culas pun, bisa saja diendus berangkat dari dokumen-dokumen yang ada ini, tutur M. Ikhsan.

Menyusul edisi ketujuh kelas dimaksud, para peserta dipandu untuk bukan saja “melek” anggaran, akan tetapi dituntut untuk piawai menguliti secara analitis berbagai sajian program dan penganggaran yang akan dilakukan, sehingga diharapkan lahir analis-analis lepas dari publik yang kemudian terwujud dalam satu forum analis kebijakan anggaran di Bangka Belitung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.