fbpx

Melihat Jual Beli Ubi Casesa Dari Dekat

Gaes…., kali ini saya ingin berbagi info aja buat kamu, mungki bertani Ubi Casesa atau Orang tuanmu yang saat ini lagi budidaya Ubi Casesa.

Baiklah gaes, bro.langsung aja…
Sebagai petani apapun ditanam asal bisa laku tidak terkecuali Tanaman Ubi Casesa. Memang saat ini banyak petani sedang membudidayakan Ubi Casesa.
Ketika saya wawancarai saya menjadi sekit lebih tahu mengenai uang yang diterimah petani walau tidak sebanding dengan selama mereka merawat mulai dari penyiangan, pemupukan hingga panen.

Ketika saya bertanya kepada pembeli bagaimana alur penjualan, saya sedikit bingung. Ternyata mereka hanya menerima jasa angkut dari 150 ribu sampai 400 ribu tergantung jarak dan medan angkut.

Saat ini harga perkilo ubi casesa dihargai 1000 rupiah per kilogram dan ditimbang di pabrik ubi casesa. Ada juga para petani minta ditimbang di tempat agar mereka tahu dan untuk menghindari hal – hal yang tak diinginkan.

Untuk harga yang diterima petani secara bersih sekitar 650 rupiah perkilogram. Karena dipotong dengan biaya upah mencabut Ubi, dan lainnya

Untuk mencegah hal -hal yang tidak diinginkan saat menjual ubi casesa menurut penulis ;

  1. Kenali pembeli/ jasa angkut Ubi Casesa agar bawaan sampai ke pabrik
  2. Ikuti atau dampingi saat menimbang kendaraan pada berat seluruh dan pada berat kosong (kendaraan)
    3.minta daftar harga sesungguhnya.
  3. Jikalau harga beli tidak sesuai maka mintalah alasan sehingga kedua belah pihak tidak dirugikan
  4. Sekian dan terimah kasih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.