fbpx

PEMDES REBO GANDENG YHGK LAKUKAN PENYULUHAN HUKUM

Bangka Induk – Yayasan Hukum Gerbang Keadilan (YHGK) Bangka Belitung Melakukan Sosialisasi Di Kantor Desa Rebo Dengan Tema Penyuluhan Hukum Tentang Pertambangan Legal.

Kepala Desa Rebo, Fendi pada sambutannya mengatakan Bahwa Tujuan Dirinya Mengundang YHGK adalah untuk memberikan Pemahaman hukum kepada masyarkat tentang Tambang secara legal atau Berizin.

“Kami selalu Kepala desa ingin masyarakat taat hukum dalam kegiatan penambangan dengan diberikan Regulasi jelas bagaimana cara mendapatkan izin dalam Pertambangan” Kata Fendi.

Sementara itu Anggun Malinda, SH MH didampingi oleh Rekan nya Febry Aginta Ginting, SH dalam penjelasan nya kepada warga masyarakat bahwa sesuai Konstitusi UUD 1945, Negara Indoonesia Adalah Negara Hukum Sehingga Semua diatur dalam Peraturan Perundang-undangan.

Termasuk Mengenai Pertambangan secara Jelas diatur dalam Undang-Undang 04 Tahun 2009 Tentang Mineral dan Batu bara.

Kewenangan mengeluarkan Perizinan diatur secara jelas Apakah Menteri atau Gubernur Berdasarkan Jarak Mil dari Bibir Pantai jika itu berada dilaut.

Kepala Desa Rebo, Fendy (Kanan), Febry Aginta Ginting (Tengah), Anggun Malinda (Kanan).

Dalam diskusi ini Masyarakat Rebo mengeluhkan terkait adanya TI Rajut disekitar Pantai Rebo yang memasuki wilayah tangkapan Nelayan.

Semua Izin Usaha Pertambangan itu pasti kajian Amdalnya, bagaimana dampak terhadap lingkungan dan masyarakat” Kata anggun.

“Kami (Nelayan) mengeluhkan TI Rajuk,kami tidak tau apakah mereka ada izin atau tidak” Kata masyarakat Rebo Asiaw

Menjawab Keluhan warga tersebut, Anggun mengatakan bahwa Setiap penambang yang melakukan usaha pertambangan wajib memiliki Surat Perintah Kerja (SPK) dan setiap penambangan yang berizin pasti ada kajian analisa dampak lingkungan nya.

“Semua Izin Usaha Pertambangan itu pasti kajian Amdalnya, bagaimana dampak terhadap lingkungan dan masyarakat” Kata anggun.

Hadir dalam Sosialisasi Tersebut Ketua BPD Rebo dan Anggota , Perangkat Desa Rebo, Ketua RT Se Desa Rebo, Ketua BUMDES Rebo dan Masyarakat Rebo.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.