fbpx

Pengertian AMDAL Terbaru Menurut Kitab UU Cipta Kerja

Share

Sejak diterbitkannya Kitab UU Cipta Kerja, Pengertian AMDAL terbaru menurut Kitab Uu Cipta Kerja adalah dokumen yang berisikan kajian mengenai dampak penting pada lingkungan hidup dari suatu usaha dan/atau kegiatan.

Pengertian AMDAL Menurut UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Nomor 32 Tahun 2009 :

Analisis mengenai dampak lingkungan hidup, yang selanjutnya disebut AMDAL, adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

Pengertian AMDAL Terbaru Menurut Kitab UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020 :

Analisis mengenai dampak lingkungan hidup yang selanjutnya disebut AMDAL adalah kajian mengenai dampak penting pada lingkungan hidup dari suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan untuk digunakan sebagai prasyarat pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan serta termuat dalam Perizinan Berusaha atau persetujuan pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Pengertian AMDAL Terbaru

Dari persandingan antara pengertian Amdal terbaru dengan pengertian AMDAL menurut UU PPLH maka diperoleh unsur pengertian AMDAL Terbaru adalah :

Merupakan dokumen yang berisikan kajian dampak penting pada lingkungan hidup dari suatu kegiatan usaha. Berbeda dari pengertian AMDAL sebelumnya, merupakan kajian dampak penting suatu kegiatan usaha pada lingkungan hidup.

Dengan pengertian AMDAL terbaru ini maka yang akan menjadi fokus pengkajian adalah apa saja dampak penting lingkungan hidup yang harus diperhatikan dari suatu kegiatan usaha. Sebelumnya, dokumen AMDAL berisikan kajian tentang apa saja dampak penting kegiatan usaha perusahaan pada lingkungan hidup.

Sekalipun seperti bolak balik pengertian AMDAL terbaru dan lama ini, akan tetapi maknanya sungguh telah berubah. Bisa jadi, paradigma lama penyusunan AMDAL selama ini selalu menuai protes atau dianggap gagal menjadi dokumen pelindung pelestarian lingkungan hidup bermula dari kesalahan redaksi pengertian UU PPLH No 32 Tahun 2009.

“Analisis mengenai dampak lingkungan hidup yang selanjutnya disebut AMDAL adalah kajian mengenai dampak penting pada lingkungan hidup dari suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan untuk digunakan sebagai prasyarat pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan serta termuat dalam Perizinan Berusaha atau persetujuan pemerintah pusat atau pemerintah daerah. “

Pengertian AMDAL terbaru menurut UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020

Sedangkan pengertian AMDAL terbaru dari perspektif proses pengambilan keputusan, telah dipertegas sebagai prasyarat pengambilan keputusan. Sebelumnya AMDAL seakan-akan hanyalah seperlunya bagi proses pengambilan keputusan.

Dalam praktik yang terjadi pada kegiatan Normalisasi Pengerukan Air Kantung Sungai Jelitik. Pemerintah Kabupaten Bangka ternyata hanya memerintahkan PT Pulomas Sentosa membuat dokumen UKL-UPL tidak perlu AMDAL. Ya, bisa saja kebijakan tersebut diadakan karena AMDAL hanya seperlunya saja.

Begitupun Kitab UU Cipta Kerja memberikan pengertian terbaru AMDAL lebih tegas yakni dokumen ini harus termuat dalam perizinan berusaha. Sebelumnya, tidak tertera kewajiban memuatkan dokumen ini dalam perizinan. Dalam praktik untuk mendapatkan informasi dokumen AMDAL suatu kegiatan, sangatlah rumit seakan -akan dikawal ketat oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Dengan paradigma baru pengertian AMDAL terbaru ini, seharusnya dalam praktik akses mendapatkan AMDAL lebih mudah karena dapat diakses melalui website perizinan berusaha. Lagipula, dokumen AMDAL adalah dokumen tentang Lingkungan Hidup, tidak lagi merupakan dokumen kegiatan usaha perseroan yang melakukan kegiatan.

John Ganesha Siahaan

Kelahiran Belinyu tertarik pada isue demokrasi, pembaharuan hukum dan pengawasan kebijakan publik. Aktif sebagai pekerja bantuan hukum dan Penggiat Ekonomi Kreatif pada Pengembangan Industti 4.O

You may also like...

36 Responses

  1. Xglbun says:

    Heankj – furosemide 40mg Nolddm watvug

  2. Ceehnq says:

    Lbvcpq – furosemida 40 mg Mzsbwi rtiinr

  3. Yggatl says:

    Vmljto – sildenafil 6mg Nlagpc schhqd

  4. Ionend says:

    Lqsucs – site Szvnan ejjrpm

  5. Nkhftd says:

    Phxuzb – buy viagra india Mkqfsa odllos

  6. Fxxoku says:

    Wkfqzb – assignment helps Hckjdl pobmxk

  7. prednisolone asthma dose prednisolone medicine prednisolone 30 mg side effects how long does prednisolone stay your statem for kids

  8. Martinanisy says:

    ed pills online pharmacy medications
    buy ed pills from canada

  9. Martinanisy says:

    order ed pills cheap ed pills
    natural ed drugs

  10. Oznodx says:

    generic tadalafil – tadalafil solubility in ethanol tadalafil 40 mg

  11. Qeimqq says:

    tadalafil 5 mg – tadalafil prescription tadalafil generic online

Leave a Reply

Your email address will not be published.