fbpx

Perahu Kandas dan Terbalik di Muara Air Kantung

Share

Lantaran terjadi pendangkalan pada gerbang laut muara air kantung perahu warga kandas dan terbalik. Hal ini terjadi pada 02 Januari 2021 bertepatan dengan terjadinya kebakaran kapal isap di Pantai Matras Sungailiat Propinsi Kep. Bangka Belitung. (LINK VIDEO)

Dilaporkan Hasanudin, kondisi muara air kantung semakin sempit, lebar muara tinggal 15-20 meter dari semula 40-50 Meter. Penyempitan tersebut disebabkan tumpukan limbah pasir setinggi 20 meter mengalami longsor sehingga membentuk daratan baru. Ia bersama-sama dengan kelompok nelayan telah beberapa kali memprediksikan hal ini akan terjadi kepada Pemerintah Kabupaten Bangka.

Kejadian perahu kandas dan terbalik disini (air kantung), sudah sering terjadi sejak tahun 2014. Makanya, nelayan tidak berani lewat sini (gerbang laut muara air kantung). Karena airnya dangkal. jadi menunggu air pasang saja.

Jelas Hasanudin, Kordinator Kelompok Swadaya Masyarakat Nelayan dan Pesisir Sungailiat (KSMNP-Pesisir)

Sementara, Kordinator Tim Kuasa Hukum KSMNP – Sungailiat, John Ganesha Siahaan melaporkan telah menggelar pertemuan melalui teleconference dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprop Bangka Belitung. Diketahui bahwa Dinas Lingkungan Hidup Pemprop Bangka Belitung telah mengirimkan tim untuk turun ke Muara Air Kantung, dan segera menyusun rekomendasi dengan berakhirnya masa pemberlakuan 90 hari Sanksi Administrasi Paksaan Pemerintah kepada PT Pulomas Sentosa.

Suasana Bukit Pasir DI Muara Air Kantung Sungailiat

Menurut Ganesha, langkah DLH Pemprop Babel memberikan Sanksi Administrasi Paksaan Pemerintah kepada PT Pulomas Sentosa seharusnya sudah dilakukan oleh Pemkab Bangka sejak dulu. Tepatnya, ketika pertama kali perusahaan melakukan pembuangan limbah pasir hasil kerja keruk normalisasi muara air kantung ke dalam laut.

“Sewaktu bukit limbah pasir itu masih 1 meter, seharusnya Pemkab Bangka sudah keluarkan sanksi. Tetapi, Bupati Bangka malah memperpanjang perizinan dan memberikan persetujuan kerja keruk kepada Perusahaan”

John Ganesha Siahaan – Kordinator TAPAK PDKPBABEL
Meeting Online Tapak PDKPBABEL dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemprop Bangka Belitung

Ketika ditanya bagaimana isi Nasihat Hukum TAPAK PDKPBABEL kepada DLH Pemprop Bangka Belitung. TAPAK PDKPBABEL mengacu pada Permen LHRI Nomor 02 Tahun 2013 tentang Pedoman Penerapan Sanksi Administratif di Bidang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Isinya, Pembekuan izin lingkungan atau Pencabutan Izin Lingkungan.

Download PERMENLH No 2 Tahun 2013

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...