fbpx

Perbedaan Disain Industri dan DTLST

Berdasarkan UU No 31 Tahun 2000 tentang Disain Industri yang dimaksud dengan Disain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk konfigurasi atau komposisi garis atau warna. Dengan demikian Perusahaan Z yang berhasil membuat komputer dengan desain pipih dengan dilengkapi remote control untuk menghidupkan komputer tersebut dari jauh pada dasarnya merupakan penemuan pada seni terapan yang bergerak di dunia industry.

UU No 31 Tahun 2000 tentang DISAIN INDUSTRI

Hal inilah yang membedakan bahwa penemuan perusahaan Z bukan dalam bentuk barang yang tidak berwujud mislanya gambar disain komputer pipih tetapi telah berwujud Komputer Z Pipih sehingga Produk Kompute Perusahaan Z merupakan suatu karya disain industi. Masih terkait komputer perusahaan Z, Berdasarkan Pasal 2 UU Nomor 31 tahun 2000 Hak Desain Industri dapat diberikan kepada Perusahaan Z dikarenakan :

  • Model Komputer Pipih : Memberikan nilai baru pada komputer pada umumnya, dengan adanya komputer dari Perusahaan Z telah memunculkan suatu nilai fungsi estetis pada komputer berbentuk pipih;
  • Dengan berbentuk pipih maka produk komputer perusahaan Z telah dan memberikan nilai fungsi teknik (Engineering function) yang baru bagi komputer yakni dapat diletakkan pada dinding, tidak terpikirkan sebelumnya untuk diletakan di dinding;
  • Dan disain industri  tersebut tersebut belum pernah diungkap oleh pendisain yang lain.

Dari perspektif bisnis dan perdagangan, komputer Z telah menerbitkan suatu produk komputer dengan tampilan berbeda dan memiliki daya saing kebaruan yang berujung menimbulkan segmen pasar baru dalam perdagangan komputer. Boleh jadi bentuk pipih dapat ditaruh didinding dan bisa dihidupkan dengan remote telah memperkuat merek yang dimiliki perusahaan Z, konsumen akan mengidentifikasi disain industri tersebut sebagai brand image dari komputer Z.

Perlindungan Hak Disain Industri bagi Komputer Perusahaan Z menjadi hal yang penting, agar penemu disain industri atau pemegang hak disain industri dapat memperoleh keuntungan atas penemuannya yang sewaktu-waktu dapat dibajak atau diclaim secara melawan hukum oleh pihak lain yang bermaksud mendapatkan keuntungan dari nilai ekonomis dari penemuan orang lain.

Disain Tata Letak Sirkuit Terpadu

Pada sisi lain, membuat komputer dapat berbentuk pipih tentu saja didukung dengan adanya penemuan pada sirkuit papan motherboard yang ada didalam komputer tersebut, agar dapat berbentuk pipih maka tata letak sirkuit atau jaringan elektronik yang ada pada papan motherboard harus diubah, bahkan untuk dapat dihidupkan dari jauh dengan remote control bisa jadi penemu telah menyedian jalur baru dalam motherboard yang terkoneksi melalui gelombang elektronik pada alat pendukung (remote control).

Membuat remote control tentu saja hal biasa akan tetapi untuk meletakan fungsi tersebut pada komputer pipih dan dapat diletakan di dinding tentu hal yang baru. Untuk itu berdasarkan UU Nomor 32 Tahun 2000 Tentang Disain Tata Letak Sirkuit Terpadu,motherboard yang terdapat didalam komputer Z merupakan produk dalam bentuk jadi yang didalamnya terdapat elemen aktif yang berkaitan atau memang sengaja dibuat agar terpadu dalam sebuah bahan semikonduktor sehingga terjadi fungsi elektronik bagi komputer Z yang bisa dihidupkan dari jarak jauh.

Dengan demikian motherboard komputer perusahaan Z dapat menjadi objek perlindungan hak Disan Tata Letak Sirkuit terpadu (DTLST). Penemuan remote control tentu bukan suatu yang original akan tetapi mengubah papan motherboard Komputer dapat diakses melalui remote control sementara disain industri komputer Z berbentuk pipih merupakan karya penempuan yang bernilai ekonomis bagi barang dagang komputer yang telah menjadi kebutuhan hidup manusia (konsumen) kekinian.

John Ganesha Siahaan

Kelahiran Belinyu tertarik pada isue demokrasi, pembaharuan hukum dan pengawasan kebijakan publik. Aktif sebagai pekerja bantuan hukum dan Penggiat Ekonomi Kreatif pada Pengembangan Industti 4.O

You may also like...