fbpx

TIPS Menghadapi Debt Collector Ditengah Pandemi Covid19

Share

Setelah kecolongan 3 orang mobil / motor kliennya berhasil di eksekusi oleh leasing secara sepihak maka Tim Advokasi Countercyclical Pandemi -PDKPBABEL terbitkan 3 Tips menghadapi debt collector ditengah Pandemi Covid19.

TIPS Menghadapi Debt Collector Ditengah Pandemi Covid19 ini berlaku bagi debitur maupun orang lain yang diberikan izin membawa kendaraan misalnya dipinjam pakai oleh keluarga atau teman untuk berpergian.

Pertama, Foto Identitas Debt Collector

Tips menghadapi debt collector internal perusahaan maupun pihak lain yang diberikan kuasa oleh Perusahaan Pembiayaan ini didukung dengan Peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018 (KLIK WAJIB BACA)

Tidak mudah, namun debitur sebenarnya berhak untuk hanya berbicara tentang perselisihan perdatanya dengan :

  • Orang yang JELAS mewakili Perusahaan Pembiayaan, dengan menunjukan Surat Kuasa (foto) , atau ID CARD Kolektor jika ia pegawai resmi dari Perusahaan Pembiayaan
  • Memiliki budaya hukum ditunjukan dengan meminta kartu sertifikasi bagi penagih yang dimaksud dalam Peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018 (KLIK WAJIB BACA)

Ada beberapa kata kunci yang bisa digunakan Debitur untuk membangun komunikasi tersebut :

  • Maaf apakah benar bapak adalah petugas atau utusan resmi dari Perusahaan Pembiayaan? Boleh saya lihat semua dokumen bapak?
  • Apakah bapak mengerti tentang hukum? boleh saya melihat dan menyalin foto kartu sertifikasi penagih bapak?

Kedua, bersiap menjadi korban tindak pidana

Tips menghadapi debt collector internal perusahaan maupun pihak lain yang diberikan kuasa oleh Perusahaan Pembiayaan ini didukung dengan peraturan Hukum Pidana

Tim Advokasi PDKPBABEL menilai sangat penting debitur memiliki pengetahuan tentang hukum pidana dan perdata, sebab dalam praktik dilapangan terkonfirmasi penagih telah mempelajari “celah hukum” pada pasal pidana tersebut diatas.

Ketika Debitur tidak memahaminya kemungkinan yang akan terjadi adalah akan sulit membuktikan seluruh unsur perbuatan yang diadakan para kolektor merupakan tindak pidana.

Ketiga, Mengadakan Penuntutan atau Pelaporan

Tips menghadapi debt collector internal perusahaan maupun pihak lain yang diberikan kuasa oleh Perusahaan Pembiayaan ini didukung dengan Hukum Acara Pidana maupun Hukum Acara Perdata.

Pelaporan dapat diadakan di Polsek terdekat tempat kejadian. Sangat sering praktik “pencegatan” terhadap debitur diadakan diluar rumah. Tidak Mudah, dalam praktik SPKT belum tentu langsung mencatat laporan pengaduan anda, sehingga untuk hal ini perbantuan dari advokat sangat diperlukan.

Penuntutan secara perdata dapat diadakan dengan pendekatan Perbuatan melawan Hukum, dalam hal inipun sangat dibutuhkan pendampingan advokat untuk penyusunan gugatan termasuk menjalani proses persidangan perdata.

Berry Aprido Putra, SH, Ketua Tim Advokasi Countercyclical Pandemi Covid19 PDKPBABEL

Lababel

Portal berita dan blog dan publisher terhadap konten musik, foto, film dan video (karya seni hiburan)

You may also like...